Tim Hukum 02 Harusnya Paparkan Bukti Penggelembungan Suara

Tim Hukum 02 Harusnya Paparkan Bukti Penggelembungan Suara

273 Views

Pakar hukum tata negara Universitas Padjajaran, Indra Perwira menagatakan menilai seharusnya dalam sidang sengketa Pilpres 2019 Tim Hukum Prabowo-Sandi memaparkan bukti-bukti adanya dugaan penggelembungan suara di berbagai daerah.

Hal itu lebih baik daripada hanya mengatakan adanya pelanggaran Pemilu yang dilakukan pasangan Jokowi-Ma’ruf secara terstruktur, sistematis, dan massif (TSM).

“Kubu Prabowo sebaiknya tidak mengatakan TSM karena ini jebakan karena kalau tidak termasuk TSM maka bisa jadi pelanggaran dan kecurangan Pemilu tidak terlihat sama sekali,” kata Indra di Jakarta, Jumat (14/6/2019).

Selain itu kata dia kubu Prabowo-Sandi juga harus bisa membuktikan adanya dugaan kecurangan Pemilu yang dilakukan KPU di daerah mana saja, lalu meminta penghitungan suara ulang.

“Kalau dicari kecurangan akan susah karena yang diajukan adalah TSM, dan itu sulit dibuktikan. Terstruktur itu kan harus ada komando dari atas, sistematis itu ada pola, dan massif itu dilakukan di 50 persen daerah,” ujarnya.