Terwujudnya Jaringan Gas untuk 2 Ribu Rumah Tangga di Lhokseumawe



739 Views

Pemerintah melalui Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan bantuan jaringan gas sebanyak 2 ribu sambungan rumah tangga (SR) di Kota Lhokseumawe, Aceh.

Tujuan dari pemberian bantuan jaringan gas untuk rumah tangga ini adalah untuk memberikan kemudahan akses mendapat energi dan memberikan energi yang murah untuk masyarakat.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Direktorat Jenderal Migas Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Mustafid Gunawan mengatakan, pemerintah secara serius terus mengembangkan pemasangan jaringan gas di wilayah Indonesia.

Sebelumnya pada 2014 bantuan juga telah diberikan kepada 3.997 rumah tangga.

“Dengan menggunakan gas maka pengeluaran masyarakat akan berkurang. Tujuan selanjutnya adalah membantu pemerintah untuk mengurangi subsidi LPG,” kata Mustafid, di Jakarta, Sabtu (16/3/2019).

Mustafid menrangkan, terwujudnya jaringan gas rumah tangga untuk 2 ribu umah tangga di Kota Lhokseumawe ini merupakan keberhasilan bersama antar-instansi, Pemerintah Pusat, DPR RI dan Daerah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Untuk jaringan gas yang dibangun tahun 2018 di Kecamatan Muara Dua, tersebar di Empat gampong, Gampong Panggoi, Meunasah Masjid, Keude Cunda dan Gampong Uteun Kot,” ujarnya.

Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya, jaringan gas untuk rumah tangga ini merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN), dalam mendukung diversifikasi energi dengan pemanfatan gas bumi untuk sektor rumah tangga.

Dia pun meminta masyarakat yang mendapat bantuan sambungan jaringan gas rumah tangga, dapat menjaga dan merawat fasilitas infrastruktur yang ada.

“Kepada masyarakat yang mendapat bantuan diiharapkan dapat menjaga dan merawat jaringan gas rumah tangga yang telah dibangun tersebut, supaya manfaat gas bumi sebagai bahan bakar aman, nyaman, murah dan ramah lingkungan dapat terwujud dengan baik di Kota Lhokseumawe,” jelas dia.