Target Pembagian Sertifikat Tanah Terlampaui Berkat Kerja Keras Pemerintahan Jokowi-JK

Target Pembagian Sertifikat Tanah Terlampaui Berkat Kerja Keras Pemerintahan Jokowi-JK

7 Views

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), Sofyan Djalil mengungkapkan bahwa pembagian sertifikat tanah pada tahun 2018 melebihi target yang ditetapkan pada awal tahun yang hanya 7 juta sertifikat menjadi sebanyak 9,3 juta.

“Seluruh produk BPN tahun lalu bisa kita capai 9,3 juta. Alhamdulillah, teman-teman BPN bisa kerja cepat sekali karena didorong ya,” ujar Menteri Sofyan saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (10/1).

Sofyan mengatakan, untuk 2019, Pemerintah akan membagikan 9 juta sertifikat tanah. Dia berharap, pencapaian tahun ini akan menyamai bahkan melebihi pencapaian tahun lalu.

“Mudah-mudahan tahun ini sama, karena kan kita ubah aturan, kita perkenalkan teknologi, kita terbantu sekali dengan teknologi, kita perkenalkan juru ukur swasta, kita perbaiki apa yang perlu diperbaiki, birokrasi kita itu kerja oke,” katanya.

Selama ini, kata Menteri Sofyan, sertifikasi lahan atau tanah sering kali terbentur oleh banyaknya aturan. Perlahan-lahan pemerintah pun mereformasi aturan sehingga semakin banyak tanah milik masyarakat bersertifikat.

“Selama ini banyak sekali kendala itu karena regulasi, macam-macam yang membuat mereka tidak bisa bergerak cepat. Begitu kita ubah regulasi jadi lebih fleksibel,” jelasnya.

Tentunya, capaian pembagian sertifikat tanah yang melampaui target berkat kerja keras pemerintahan Jokowi-JK dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan kepastian hukum terhadap sertifikat tanah warga.