Tantangan Kabinet Jokowi-Ma’ruf ke Depan Adalah Membumikan Pancasila

Zuhairi Misrawi (Politisi PDI Perjuangan) mengatakan Kabinet Jokowi-Ma’ruf Membumikan Pancasila

25 Views

Membumikan kembali ideologi Pancasila sebagai pemersatu bangsa menjadi tantangan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin lima tahun ke depan.

Politikus PDI Perjuangan, Zuhairi Misrawi mengatakan, tantangan kabinet pemerintahan Jokowi pada periode kedua nanti adalah soal semangat membumikan kembali ideologi Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

“Ini menjadi concern PDIP bahwa jatuh bangunnya bangsa ini yaitu harus dilihat secara komprehensif bagaimana Pancasila dibumikan sehingga Tri Sakti Bung Karno betul-betul kokoh ketika Pancasila menjadi way of life bangsa ini,” kata Zuhairi dalam diskusi Polemik MNC Trijaya FM di Menteng, Jakarta, Sabtu (6/7/2019).

Oleh karena itu semua elemen masyarakat terutama parpol, kabinet dan yang terlibat dalam pemerintahan harus membumikan Pancasila dalam rangka menjaga keutuhan NKRI dan menghadapi tantangan masuknya ideologi anti Pancasila.

Gus Mis sapaan akrab Zuhairi ini juga menyebut, bahwa cara berpikir menteri kabinet harus bersifat komprehensif. Sehingga kehidupan berbangsa, kedaulatan sosial, kedaulatan politik dan kepribadian bangsa betul-betul kokoh.

“Ini menjadi tantangan yang harus kita jawab bersama-sama,” ujarnya.

Hal itu kata Gus Mis sesuai dengan Nawa Cita periode kedua Jokowi-Ma’ruf yang menekankan kepada pengembangan sumber daya manusia sebagaimana visi misi yang disampaikan Jokowi-Ma’ruf.

“Bagaimanapun membangun Indonesia adalah membangun manusianya. Concern Jokowi bahwa kabinet yang akan datang adalah kabinet yang betul-betul membangun manusia indonesia yang mampu menjawab tantangan bangsa,” kata dia.