Tak Terduga! Ini Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan

puasa senin kamis

56 Views

Tahukah Anda, manfaat puasa senin kamis baik juga loh bagi kesehatan. Ya, selain untuk tujuan religius, puasa senin kamis juga memiliki banyak manfaat agar tubuh sehat. Nah, mau tahu apa saja manfaat-manfaat itu?

Pada dasarnya puasa senin kamis termasuk ibadah sunah yang punya banyak manfaat. Terutama untuk amal dan bekal pahala di akhirat nantinya. Namun perlu diketahui juga, manfaatnya tidak sampai disitu saja.

Rajin berpuasa sunah senin kamis dapat memberi banyak manfaat tidak terduga bagi kesehatan. Apa saja itu? Berikut beberapa diantaranya:

  1. Bantu Turunkan Berat Badan

Menjaga berat badan ideal penting demi membantu agar tubuh tetap sehat. Nah, puasa adalah salah satu cara cepat dan tepat untuk dilakukan. Dengan berpuasa, Anda bisa menurunkan berat badan dengan aman.

Ketika puasa, itu memungkinkan tubuh mengolah lemak menjadi sumber energi utama. Sehingga lemak dalam tubuh berkurang, membuat berat badan turun.

  1. Menyehatkan Jantung

Manfaat berikutnya ialah bagi kesehatan jantung. Anda bisa bantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dengan puasa. Sebab saat berpuasa, lemak dalam tubuh akan digunakan sebagai cadangan energi.

Kondisi tersebut akan mencegah terjadinya penyumbatan arteri akibat partikel lemak. Menjadikan risiko lain terkait serangan penyakit jantung juga berkurang. Termasuk kadar gula dalam darah, peradangan dan trigliserida darah.

  1. Menyehatkan Organ Cerna

Berpuasa artinya memberi waktu bagi sistem pencernaan untuk beristirahat. Hal ini bagus untuk menjaga kinerjanya selalu optimal. Sehingga organ cerna sehat dan terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit, diare dan lainnya.

Apabila sistem pencernaan sehat maka metabolisme tubuh juga akan meningkat. Badan pun menjadi sehat dengan nutrisi maksimal dari makanan yang dicerna.

  1. Memperpanjang Umur

Percaya atau tidak, semakin sedikit seseorang makan maka semakin lama pula ia akan hidup. Beberapa penelitian telah menunjukkan bagaimana manfaat puasa ini. Di mana ada beberapa alasan yang bisa disimpulkan.

Yang pertama terkait dengan metabolisme tubuh. Diketahui, efek penuaan akan mengakibatkan metabolisme menjadi lebih lambat. Jaringan otot pun akan hilang secara bertahap. Tapi untungnya, puasa dapat membantu agar metabolisme ini mampu berjalan lebih cepat.

  1. Mempercantik Kulit dan Mencegah Jerawat

Siapa yang menduga jika puasa senin kamis juga bermanfaat bagi kulit? Tapi itu memang benar. Puasa dapat membantu Anda menjaga kulit awet cantik.

Hal ini karena saat berpuasa, tubuh sementara dibebaskan dari pencernaan. Di mana pada saat itu, tubuh bisa memfokuskan energi regeneratifnya pada sistem lain. Termasuk pada peremajaan kulit, juga membantu membuang racun yang dapat merusak kondisi kulit.

Nah, itu tadi beberapa manfaat puasa senin kamis bagi kesehatan yang bisa didapatkan. Sangat baik untuk menjaga tubuh tetap sehat kan? Jadi selain untuk melatih hawa nafsu dan sebagai bekal pahala, Anda juga bisa berpuasa demi kesehatan tubuh Anda.