Saksi Prabowo-Sandi di Jateng Tolak Tanda Tangani Hasil Rekapitulasi



346 Views

Perhitungan suara tingkat Provisi Jawa Tengah akhirnya rampung. Penutupan rekapituasi ditandai dengan penandatanganan hasil rekapitulasi sekitar pukul 00.40 WIB.

Namun entah kenapa, saksi dari Paslon nomor 02 Prabowo-Sandi tidak hadir saat penanda tanangan hasil rekapitulasi.

Meskipun demikian, ketidakhadirannya bukan menjadi masalah dan hasilnya tetap sah karena saksi sempat hadir saat perhitungan.

“Sebenarnya hadir, selama 6 hari ini hadir, tadi sore masih ada. Kebetulan ini sudah meninggalkan tempat. Tetap sah karena mereka sebenarnya intensif hadir,” kata Ketua KPU Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat di Kantor PU Jateng, Jalan Veteran Semarang , Minggu (12/5/2019).

Ketidakhadiran saksi dari kubu 02 menunjukkan pihaknya tidak mau menerima kelalahan dan tidak siap menanggung malu atas kekalahannya. Mereka berpikir dengan tidak menandatangani hasil rekapitulasi, maka hasilnya menjadi tidak sah.

Pola pikir seperti itu adalah salah, sebab tindakannya tidak berpengaruh sama sekali terhadap sahnya hasil rekapitulasi, apalagi membalikkan kedudukan dan menjadikannya pemenang. Alhasil itu cuma mimpi. Dengan kekalahannya itu, Prabowo-Sandi secara nyata tak bisa menggoyahkan kekuatan kandang Banteng.

Turut hadir dalam penutupan rapat rekapitulasi di KPU Jateng, yakni Gubernur Jateng Gajar Pranowo dan wakilnya Taj Yasin serta Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko A Dahniel, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi beserta tokoh lintas agama.

Ganjar mengatakan dalam proses rekapitulasi di tingkat provinsi Jawa Tengah relatif berjalan baik dan bisa menjadi contoh demokrasi yang adem.

“Proses relatif tidak ada yang ribut dan ramai. Sebuah proses yang berjalan baik,” kata Ganjar.

Sementara itu Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko A Dahniel, mengatakan setelah ini akan melakukan pengawalan surat suara yang aka dikirim ke Jakarta. Pengawalan akan dilakukan oleh TNI dan Polri.

“Pengawalan sesuai kebutuhan, sampai Senin besok,” ujarnya.