Rahasia Buat Nasi Tumpeng Menarik tapi Juga Enak

nasi tumpeng

141 Views

Untuk hajatan atau syukuran acara penting, biasanya masyarakat akan memesan nasi tumpeng Menteng. Ini bukan hanya tradisi di masyarakat tertentu tapi hampir seluruh Indonesia. Ini memang tradisi lama tapi orang-orang modern masih menggunakannya. Bahkan, di acara kantor yang sudah modern sekalipun, sering kali acara tasyakuran masih menggunakan nasi tumpeng.

Namun, apakah Anda tahu bagaimana cara membuat tumpeng agar menarik tapi juga enak? Sebenarnya, jika Anda suka memasak, tidak susah kok untuk bisa buat tumpeng sendiri. Toh bahan-bahan makanan yang digunakan juga sama. Yang harus kamu ketahui hanyalah bagaimana teknik membuat tumpeng.

Bagaimana agar bisa menjadi tumpeng yang tinggi? Ternyata, ada satu rahasia. Anda harus mencampurkan antara nasi kuning dengan beras ketan. Mengapa? Karena dengan adanya beras ketan ini, tumpeng akan kokoh meskipun Anda membuat tumpeng cukup tinggi.

Nah, lalu bagaimana agar nasinya gurih dan enak? Ini kunci yang kedua. Gunakan beras yang pulen. Jadi, mengapa harga nasi tumpeng itu mahal, karena memang jenis beras yang digunakan yang berkualitas. Lalu, pencampuran harus tepat agar tumpeng kokoh tapi juga enak.

Selanjutnya, agar tumpeng bisa disantap dengan begitu enak, Anda perlu menyiapkan lauk pauk yang juga tak kalah enak. Misalnya saja ayah kampung, oseng tempe dan ketang, perkedel, dan kacang goreng. Lalu, untuk hiasan agar lebih menarik, gunakan hiasan yang mencolok. Karena nasinya sudah berwarna kuning, cari hiasan yang kontras. Misalnya saja Anda hias dengan Lombok merah, ketimun yang berwarna putih segar, dan lalapan berwarna hijau.

Untuk oseng-oseng tempe serta kentang, sebaiknya dioseng agak sedikit gelap agar menambah kontras. Anda bisa oseng dengan sedikit menambahkan kecap agar warna sedikit lebih gelap.

Nah, sudah siap untuk membuat nasi tumpeng sendiri? Jika Anda tidak punya waktu untuk membuatnya sendiri, Anda bisa pesan nasi tumpeng di Menteng. Ini pembuat nasi tumpeng yang sudah berpengalaman. Dijamin nasinya enak, tampilannya menarik.