Presiden Jokowi Melestarikan Dan Menyejahterakan Suku Anak Dalam Di Jambi



90 Views

Suku Anak Dalam (SAD) Di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi dipastikan akan menerima hibah lahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Total tanah yang dihibahkan sebesar 5,455 hektare terutama pada kelompok suku yang berada di Desa Jeluti, Kecamatan Bathin XXIV.

“Untuk lahan tersebut kita sudah mendapat restu dari Presiden, dan dua hari yang lalu kita juga sudah mendapat SK dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang isi suratnya bahwa tanah tersebut diserahkan bagi SAD,” kata Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jendral Am Putranto di Batanghari, Senin 16 Oktober 2017.

Meski begitu, untuk penentuan lokasi tanah (Spoting) akan dilakukan langsung oleh Danrem 042/Garuda Putih, Kolonel Inf Refrizal. Spoting dilakukan untuk menetukan titik-titik mana saja yang diserahkan untuk dihuni oleh warga SAD tersebut, yang pasti lahan tidak boleh diperjualbelikan. “Yang paling penting tanah tersebut jangan sampai diperjualbelikan dan harus memiliki sertifikat dan dipegang oleh pemerintah daerah,” Katanya.

Mendengar kabar tersebut, sejumlah warga Suku Anak Dalam di Batanghari mengaku senang dan gembira. Dengan lahan yang akan dihibahkan tersebut warga berharap bisa meningkatkan taraf ekonomi Suku Anak Dalam.

Apalagi saat ini mata pencaharian mereka menyadap karet sedang merosot dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dirinya bersama warga SAD lainnya hanya mengandalkan perburuan.

“Kita sangat berterima kasih atas bantuannya, kalau untuk tempat tinggal menetap itu masih terbentur dengan aturan adat yang dipercayai dari leluhur,” kata Enong. Dalam kesempatan tersebut, Pangdam menggelar bakti sosial bagi Suku Anak Dalam (SAD) yang berada di Ds. Jelutih Kec. Bhatin XXIV Kab.Batanghari Jambi, Minggu (15/10/2017).

Kegiatan Baksos ini digelar dalam rangka memperingati HUT ke-72 TNI tahun 2017. Adapun Kegiatan bakti sosial kali ini yaitu berupa pengobatan massal, pembagian Sembako, penyerahan bantuan pakaian, alat-alat pendidikan bagi anak-anak suku dalam dan penyerahan fasilitas MCK dan air bersih.

Menurut Mayjen TNI AM Putranto, saat ini Kodam II/Swj juga sedang mendidik 2 orang Siswa Secaba yang berasal dari SAD. Pangdam berharap mereka nantinya bisa kembali mengabdi menjadi Babinsa untuk meningkatkan derajat dan martabat SAD.