Pemindahan Ibu Kota Jadi Skala Prioritas karena Beban DKI Jakarta Sudah Terlalu Penuh



35 Views

Dalam rapat paripurna DPR RI anggota DPR F-Gerindra Bambang Haryo melakukan interupsi terkait wacana pemerintah memindahkan ibu kota ke pulau Kalimantan.

Di depan Menkeu Sri Mulyani yang menghadiri rapat paripurna, Bambang meminta pemerintah melakukan kajian mendalam soal pemindahan ibu kota.

“Jadi, ini mohon dipertimbangkan, jangan pencitraan. Kaji mendalam dan pemerintah ada skala prioritas daripada kebutuhan rakyat,” kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/8).

Pernyataan elit Gerindra dengan menyebut bahwa Pemerintah melakukan pencitraan soal pemeindahan Ibu Kota adalah tidak mendasar sebab perpindahan Ibu Kota sudah penuh dengan kajian dan pertimbangan sehingga bukan pencitraan semata.

Seharusnya Gerindra lebih paham bahwa pemindahan Ibu Kota menjadi skala prioritas karena beban di DKI Jakarta sudah terlalu penuh, dan tidak lagi mampu memberikan dampak ekonomi secara maksimal serta menjadi urutan ketiga di dunia polusi udara terburuk.

Apalagi pemindahan Ibu Kota sudah diwacanakan sejak era Presiden Soekarno, Soeharto dan Presiden-Presiden sebelum Jokowi.

Oleh karena itu Gerindra harus malu mengeluarkan pernyataan yang seperti anak TK dan tidak dewasa.

Pemerintah tentu terus berupaya dalam memperbaiki ekonomi nasional tentunya dengan menjaga stabilisai harga pangan.