Ngabalin: Masa Urusan FPI Pakai di Mediatori Mantan Capres



63 Views

Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin mengungkapkan upaya Prabowo Subianto yang ingin memediasi antara Front Pembela Islam (FPI) dengan Pemerintah. Mediasi itu terkait izin perpanjangan Ormas FPI.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri DPP Partai Gerindra Irawan Ronodipuro kepada South China Morning Post (SCMP) dan dibenarkan oleh Irawan.

“Prabowo akan berperan sebagai mediator bila izin FPI dicabut,” kata Irawan.

Namun Ngabalin menyebut bahwa Prabowo tidak perlu menjadi mediator antara FPI dan Presiden Jokowi sebab sudah ada aturan yang mengaturnya dan FPI hanya perlu memenuhi persyaratan dengan mengklarifikasi terkait NKRI bersyariah dan khilafah dalam konsep FPI serta melaporkan rekam jejaknya.

“Sudah. Tak usah pakai mediator. Masa urusan itu pakai mantan calon presiden, sih?” kata Ngabalin saat dimintai konfirmasi, Sabtu (3/8/2019).

“Terlalu kecil bagi Prabowo. Masa urusan FPI saja pakai balas jasa atau apa. Nggak usah,” imbuhnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi pada pekan lalu menegaskan akan membekukan ormas yang memiliki paham bertentangan dengan ideologi Pancasila dan NKRI.

Sementara Prabowo Subianto yang mantan rival Jokowi di Pilpres 2019 itu dinyatakannya merupakan sosok yang berkomitmen terhadap demokrasi

Oleh karena itu penting bagi Prabowo seperti apa yang disampaikan pihak Istana terkait perpanjangan izin FPI.