Menhan Prabowo: ASEAN Tidak Boleh Terpecah Belah dan Terpolarisasi

Menhan Prabowo: ASEAN Tidak Boleh Terpecah Belah dan Terpolarisasi

932 Views

Menteri Pertanahan (Menhan) RI, Prabowo Subianto menyampaikan komitmen Indonesia untuk membangun kawasan Asia Tenggara sebagai kawasan yang tangguh, aman, damai dan sejahtera, serta disegani oleh kawasan lainnya.

Guna mewujudkan hal tersebut, Prabowo menegaskan bahwa ASEAN harus memiliki kerjasama yang tangguh dan dapat diandalkan, tidak mudah dicerai-berai oleh kepentingan sesaat serta perlunya memelihara komitmen terhadap piagam ASEAN.

“ASEAN tidak boleh terpecah belah dan terpolarisasi yang akan mengakibatkan konflik dan perpecahan. Indonesia secara tegas menentang invasi negara dalam bentuk apapun dan di wilayah negara manapun khususnya di Asia tenggara,” tegas Prabowo. dalam pertemuan ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Retreat, Minggu (17/11) di Bangkok, Thailand.

Prabowo juga mengatakan, Indonesia secara tegas menentang invasi negara dalam bentuk apapun di wilayah negara manapun khususnya di Asia Tenggara.

Menurutnya, ASEAN mempunyai potensi kekayaan alam yang luar biasa. Perairan ASEAN juga merupakan urat nadi transportasi dan perdagangan dunia. Itu sebabnya sejak dahulu ASEAN menjadi magnet kepentingan kekuatan global.

Komitmen ASEAN bagi terwujudnya kawasan yang tangguh, aman, damai dan sejahtera ditunjukkan lewat kerjasama ASEAN dalam kerangka ADMM-Plus, Kerjasama Mallacca Strait Patrol, Trilateral Indomalphi di wilayah Laut Sulu dan Sulawesi, pertukaran informasi strategis ASEAN Our eyes melalui mekanisme ADI (ASEAN Direct Communication Infrastructure).