Ma’ruf Amin Hadiri Rapat Pleno Dewan Syariah Bahas Fatwa Ekonomi

Ma'ruf Amin Hadiri Rapat Pleno Dewan Syariah Bahas Fatwa Ekonomi

Calon wakil presiden nomor urut 02, Ma’ruf Amin menghadiri Rapat Pleno Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI di Mercure Hotel, Jakarta Utara, Kamis, 8 November 2018.

Dalam rapat tersebut, MUI akan membahas empat fatwa berkaitan dengan keuangan syariah dalam rapat pleno tersebut.

“Hari ini rapat pleno dewan syariah nasional ada pembuatan fatwa pagi ini pleno DSN untuk mengesahkan beberapa fatwa,” ujar Ma’ruf yang merupakan Ketua Dewan Syariah Nasional.

Namun, Ma’ruf enggan merinci fatwa yang akan dibahas dan disahkan. Acara ini sendiri bersifat tertutup untuk publik.

Menurut pelaksana acara, setidaknya ada empat fatwa yang akan dibahas dalam pleno ini. Keempatnya adalah fatwa ekonomi syariah.

Usai rapat pleno, Ma’ruf juga akan menghadiri Ijtimak Sanawi di tempat yang sama. Pertemuan tahun itu digelar Dewan Pengawas Lembaga Keuangan Syariah se-Indonesia.

“Ijtimak Sanawi namanya, pertemuan tahunan, annual meeting,” ucap mantans Rais Aam PBNU itu.

Selama ini Ma’ruf Amin mendorong pesantren menjadi motor penggerak ekonomi syariah di Indonesia. Saat ini, ekonomi syariah sudah menjadi sistem ekonomi nasional.

Hal itu ditandai dengan banyaknya perbankan yang menganut prinsip syariah dan kehadiran Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) yang diketuai Presiden Joko Widodo.

Setelah acara ijtimak, Ma’ruf Amin juga menghadiri acara Anugerah Syariah Republika 2018, di Hotel JW Marriot, Kuningan, Jakarta Selatan. “Ada penghargaan syariah award untuk beberapa pihak oleh Republika,” ujarnya.