Mahfud MD Sebut Natal 2019 Paling Aman dan Damai Selama Beberapa Dekade Terakhir

Mahfud MD Sebut Natal 2019 Paling Aman dan Damai Selama Beberapa Dekade Terakhir

84 Views

Menko Polhukam Mahfud Md mengungkapkan kegembiraan pemerintah dengan perayaan Natal 2019. Menurutnya,  Natal tahun ini merupakan yang teraman dan terdamai dalam beberapa dekade terakhir.

“Saya baru ketemu Presiden dan kami pemerintah merasa gembira bahwa pada tahun ini dicatat atau tercatat dan diakui oleh tokoh-tokoh gereja yang sudah menyampaikan pesan kepada kami. Ini adalah Natal terbaik atau teraman dan terdamai dalam beberapa dekade terakhir,” kata Mahfud di sebuah restoran di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (26/12/2019).

Mantan Ketua MA tersebut menyatakan tidak ada kejadian menonjol dalam perayaan Natal tahun ini. Oleh Karena itu, pemerintah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. Tanpa kerja sama semua pihak termasuk masyarakat, perayaan Natal tidak akan sedamai ini.

“Tidak ada satu peristiwa apapun, letupan yang sangat kecil yang sifatnya sangat lokal dan di desa tidak mampu memprovokasi situasi nasional, sehingga secara nasional ucapan terima kasih diucapkan dan pemerintah menyampaikan kepada rakyat,” Kata Mahfud.

Mahfud menuturkan kecelakaan lalu lintas juga minim tahun ini. Begitu juga dengan kecelakaan kapal atau perahu yang tak berizin.

“Terima kasih, mudah-mudahan tahun baru pun kita masih tetap bisa bekerja sama, baik tindakan-tindakan kekerasan maupun kecelakaan-kecelakaan lalu lintas kecelakaan di air dari kapal-kapal atau perahu yang tidak berizin, sekarang dapat dikatakan tidak ada yang menonjol yang layak menjadi berita. Itulah ucapan terima kasih yang ingin kami sampaikan ke masyarakat,” ucapnya.

Mahfud menyatakan Natal merupakan ritual keagamaan. Semua agama mengajarkan persaudaraan.

“Saya selalu mengatakan rakyat Indonesia ini adalah orang yang beragama dan tidak ada agama yang diturunkan untuk permusuhan antarmanusia. Semua agama itu mengajarkan persaudaraan. Nah oleh sebab itu, kalau orang beragama dengan baik, agama apapun, maka rasa persaudaraannya juga akan kuat pada dirinya,” tuturnya.