KKB Harus Ditumpas Habis karena Membahayakan NKRI!

KKB Harus Ditumpas Habis karena Membahayakan NKRI!

390 Views

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso menegaskan, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua harus di tumpas habis. Sebab jika didiamkan Papua bisa saja lepas dari Indonesia.

Menurut dia, kelompok yang dia sebut sebagai separatis itu bisa lebih membahayakan.

“KKB itu bukan kelompok kriminal. Mereka itu separatis. Harus kita tumpas habis,” tegasnya seperti dilansir dari Indopolitika.com.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan, saat ini yang dilakukan KKB dan kelompok separatis lain yang ada di Papua terus berupaya menyeret asing masuk ke Papua. Caranya dengan membuat keonaran, memunculkan kerusuhan. Disaat yang sama, mereka terus berkampanye kemerdekaan di luar negeri.

Lebih jauh pria ayang akrab disapa Bang Yos ini mengungkapkan, KKB bekerja tidak sendirian. Ada kelompok lainnya yang aktif menuntut kemerdekaan. Sutiyoso membeberkan, ada Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang memiliki angkatan perang bernama Tentara Nasional Papua Barat (TNPB). Mereka melakukan berbagai kejahatan kemanusiaan untuk mencapai cita-citanya.

“Di luar negeri ada ULMWP (United Liberation Movement for West Papua) yang terus berkampanye cari dukungan negara-negara lain dan bergerilya ke PBB,” ujarnya.

Upaya kelompok-kelompok itu untuk merdeka dilakukan dengan berbagai cara. Gangguan keamanan yang mereka lakukan itu bertujuan menyeret keterlibatan pihak asing untuk masuk ke Papua. Apalagi mereka menyadari perjuangan mereka tidak mungkin terwujud tanpa melibatkan pihak asing.

“Kalau tidak bisa kita selesaikan maka kita akan keteteran lebih runyam lagi. (Papua) bisa lepas dari RI,” ucapnya.