Ketika Prabowo Salahkan Mertuanya Sendiri



507 Views

Prabowo Subianto membuat pernyataan mengejutkan pada debat capres-cawapres kelima di Hotel Sultan, Jakarta, 13 April 2019. Capres nomor urut 02 itu tidak menyalahkan lawannya, Joko Widodo, mengenai pembangunan yang salah arah. “Bukan salah Bapak, tetapi presiden-presiden sebelumnya.”

Siapa presiden sebelum Jokowi? Salah satunya adalah mantan mertua Prabowo sendiri, Soeharto. Faktanya, Soeharto adalah seorang diktator terkorup sedunia abad ke-20. Pada 2004, lembaga internasional Transparency International (TI) pernah menobatkan Soeharto sebagai koruptor paling kaya di dunia.

Dikutip oleh BBC News, TI mencatat kekayaan Soeharto dari hasil korupsi mencapai USD 15-35 miliar. Sebagian besar di antaranya diduga kuat hasil jarahan selama 32 tahun berkuasa di Indonesia sejak 1967.

Bahkan, halaman majalah Forbes pada 31 Agustus 2015 memuat nama Soeharto sebagai pemimpin negara paling korup sedunia karena selama 31 tahun masa jabatannya, negara merugi sebesar USD 35 miliar (setara Rp 457 triliun). Harta tersebut mengalir deras kepada ‘Keluarga Cendana’ dan Prabowo bagian dari keluarga tersebut.

Berdasarkan investigasi Time pada 1999, Soeharto sudah membangun kerajaan bisnis dan menimbun miliaran dolar AS baik di dalam maupun di luar negeri. Beberapa aset Soeharto di luar negeri yaitu taman berburu senilai 4 juta dolar AS di Selandia Baru dan saham di kapal pesiar senilai 4 juta dolar AS yang ditambatkan di dekat Darwin, Australia.

Soeharto juga diketahui memiliki rekening di bank Swiss. Hal ini diketahui setelah Soeharto lengser. Soeharto ketahuan mentransfer 9 miliar dolar AS dari bank Swiss ke akun bank Austria.

Menurut laporan Badan Pertanahan Nasional yang dikutip oleh Time, Soeharto mengendalikan 3,6 juta hektare lahan yayasan (real estate) dan 100.000 meter persegi ruangan kantor di Jakarta. Dalam laporan New York Times, aset Soeharto diperkirakan mencapai 30 miliar dolar AS.

Dalam laporan The Economist menyebutkan bahwa total harta pribadi Soeharto sebesar 16 miliar dolar AS karena telah dibagi-bagi kepada istri, enam anak, saudara tiri, hingga cucu laki-laki Soeharto. Berdasarkan laporan Time, anak-anak Soeharto memiliki ekuitas di sekitar 564 perusahaan, dan memiliki hubungan dengan ratusan perusahaan luar negeri lain yang tersebar dari Amerika Serikat, Uzbekistan, Belanda, Nigeria, dan Vanuatu.

Soeharto merupakan rezim penguasa Orde Baru yang berkuasa selama 32 tahun di Indonesia. Ia mempunyai enam anak yaitu Siti Hardiyanti Hastuti (Tutut), Sigit Harjojudanto, Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Harijadi (Titiek) , Hutomo Mandala Putra (Tommy), dan Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek).

Prabowo menikah dengan salah satu anak Soeharto yang bernama Siti Hediadi Hariyadi (Titiek Soeharto) pada Mei 1983. Setelah 20 tahun hidup bersama, mereka bercerai pada 1998. Dilihat dari sejarah inilah, presiden yang paling lama berkuasa di Indonesia, dan paling disalahkan Prabowo adalah Soeharto, mertuanya sendiri. Dan Prabowo turut menikmati kekuasaan itu selama menjadi menantu Pak Harto.