Kelancaran Pemilu 2019 Buah Prestasi Bagi Bangsa



477 Views

Penyelenggaraan Pemilu 2019 yang digelar secara serentak pada 17 April kemarin berjalan dengan damai. Kelancaran tersebut menuai komentar positif baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. Hal ini dinilai menjadi sebuah prestasi bagi bangsa.

Terlebih lagi respon dari beberapa pihak atau lembaga luar negeri yang memantau jalannya pemilu serentak di Indonesia sangat takjub dan kaget dengan keberhasilan menggabung pemilu untuk Pilpres dan Pileg.

“Secara umum, kami mengakui dengan jujur, saya dengar sendiri apa yang disampaikan dunia internasional, apa kesimpulan mereka, saya bilang gini. ‘Orang internasional aja kasih dua jempol terhadap pemilu kita, masa Komnas HAM enggak kasih empat jempol’,” kata Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, di kantornya, Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019).

Selain itu, Taufik menilai, tingginya jumlah pemilih pada pemilu kali ini tak lepas dari peran semua pihak yang telah mensosialisasikan pemilu damai tanpa intimidasi.

Keberhasilan pelaksanaan pemilu serentak, kata dia juga merupakan kemajuan Indonesia dalam berdemokrasi, yakni seluruh masyarakat sudah banyak yang sadar akan politik.

“Kita apresiasi juga tingkat pemilih meningkat pada Pemilu tahun ini, tingkat pemilih di atas 2014. Padahal kita semua tahu, di medsos, gimana mengkritik, gaduhnya, tapi antusiasme pemilih tetap tinggi,” katanya.

Oleh karena itu, menurut taufik demokrasi yang berjalan dengan baik ini sudah seharusnya menjadi pelajaran juga bagi elite-elite politik.

“Kami juga berikan apresiasi terhadap petugas keamanan kita yang sudah bekerja sungguh-sungguh. Kita menyaksikan gimana mereka berupaya keras. Tanpa ada yang merasa intimidasi datang ke TPS,” kata dia.