Kekayaan Prabowo-Sandi Rp 7 Triliun Lalu Bicara Ketimpangan Bangsa



479 Views

Kerap kali Prabowo-Sandi menyatakan kekayaan Indonesia dikuasai 1 persen masyarakat yang disebut kaum elite. Faktanya, pasangan nomor urut 02 ini masuk dalam jajaran elite tersebut. Jika digabungkan, harta keduanya tercatat Rp 7 triliun.
Hal itu terungkap ketika Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) calon presiden dan wakil presiden yang mengikuti pemilihan umum (pemilu) 2019. Hal ini sesuai dengan salah satu syarat aturan pemilu.

Ketua KPU Arif belum lama ini menampilkan data harta kedua pasang kandidat. Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno memiliki harta Rp 5,09 triliun, atau tertinggi dibandingkan yang lainnya. Selanjutnya, nilai kekayaan Prabowo tercatat senilai Rp 1,92 triliun. Dengan begitu total kekayaan mencapai Rp 7,82 triliun.

Sementara di urutan ketiga calon presiden Nomor urut 01 Joko Widodo dengan nilai kekayaan sebesar Rp 50,25 miliar. Pada urutan terakhir ditempati oleh calon wakil presiden dari nomor urut 01 Ma’ruf Amin dengan total kekayaan Rp 11,65 miliar. Dengan begitu, total kekayaannya mencapai Rp 61,9 miliar.

Tetapi jangan salah, tidak hanya kekayaan yang dicatat oleh KPU, melainkan juga total utang dari keempat pasangan ini. Dari semuanya hanya Prabowo yang tercatat tidak memiliki utang dalam LHKPN yang dilaporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi.
Di sisi lain, meski Sandiaga memiliki total kekayaan terbesar, utangnya pun paling tinggi dibandingkan yang lainnya. Total utang yang dimilikinya mencapai Rp 340 miliar. Sementara Jokowi berada di urutan kedua, dengan total utang Rp 1,19 miliar, terakhir Ma’ruf dengan total utang Rp 657,5 juta.