Jokowi Terjun Langsung ke Banten Pasca Tsunami



7 Views

Banten – Presiden Jokowi  mengunjungi lokasi bencana secara langsung adalah untuk memastikan bahwa penanganan dampak bencana tsunami dapat diselesaikan dengan cepat dan baik, terutama evakuasi korban dan adanya bantuan pelayanan kesehatan.

Bencana tsunami yang melanda Banten menjadi perhatian seluruh masyarakat Indonesia, Presiden Joko Widodo  tiba di Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten dengan menggunakan helikopter EC725 Caracal milik TNI AU.

Setibanya di lokasi, Jokowi langsung menuju ke kantor Kecamatan Labuan, tempat posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berdiri. Juga sempat mendapatkan penjelasan dari sejumlah pihak terkait.

Tidak hanya Jokowi, juga beberapa pejabat terlihat seperti, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita, Kasetpres Heru Budi Hartono, Sesmil Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Komandan Paspampres Brigjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, dari keterangannya menjelaskan setibanya di Kabupaten Pandeglang, Presiden Joko Widodo langsung meninjau beberapa lokasi yang terdampak bencana tsunami.

“Selain itu, Presiden akan mengunjungi beberapa puskesmas dan rumah sakit di Pandeglang yang jadi tempat perawatan para korban bencana tsunami,” ujarnya di Banten, Senin (24/11/2018).

Usai mendapat penjelasan di Posko BNPB, Jokowi kemudian meninjau Puskesmas Labuan yang berada tak jauh dari sana. Meninjau beberapa korban tsunami yang dirawat. Sekitar 15 menit kemudian, meninggalkan puskesmas.Berdasarkan pantauan dari Presiden Jokowi di posko pengungsian kecamatan Labuan Pandeglang bahwa penanganan warga yang mengungsi telah berjalan dengan baik.

Presiden telah memerintahkan Kepala BNPB, Menteri PUPR, Menteri Sosial dan Panglima TNI untuk langsung bergerak ke lapangan melakukan evakuasi dan pendataan. Presiden juga meminta kementerian serta lembaga terkait bekerja cepat dan sigap di dalam mengembalikan kondisi area terdampak bencana seperti sedia kala.

“Saya juga telah memerintahkan untuk melakukan langkah-langkah darurat menemukan korban dan juga melakukan perawatan secepat-cepatnya,” jelasnya