Jokowi Setujui Permintaan Para Tokoh Papua untuk Membangun Istana Kepresidenan di Papua

Jokowi Setujui Permintaan Para Tokoh Papua untuk Membangun Istana Kepresidenan di Papua

1,022 Views

Presiden Joko Widodo mengaku setuju dengan permintaan salah satu tokoh Papua Abisai Rollo untuk membangun Istana Kepresidenan di Bumi Cendrawasih.

Rencananya pembangunan tersebut akan dilaksanakan pada tahun depan.

Jadi mulai tahun depan istana ini akan dibangun. Sudah,” kata Jokowi dihadapan para tokoh-tokoh Papua di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019).

Rencana tersebut sontak disambut sorak gembira oleh sejumlah para tokoh Papua yang hadir di Istana.

Meski demikian, sebelum memutuskan hal tersebut, Jokowi sempat melirik ke para menteri di sampingnya.

Jokowi menyebut,  membangun istana di Bumi Cenderawasih itu tidak mudah. Menurutnya, perlu ada tanah yang luas. Namun pihak Papua sudah menjamin dan menyiapkan 10 hektare tanah gratis.

Istana, ini kan yang sulit tanahnya. Ini tanahnya tadi disediakan 10 hektare gratis. Benar sudah ada? Nanti kalau disampaikan hari ini de facto sudah diserahkan. Saya diskusi dulu dengan para menteri,” kata Jokowi.

Sebelumnya tokoh Papua, Abisai Rollo meminta beberapa hal kepada Presiden Jokowi. Mulai dari meminta untuk pemekaran di 5 provinsi di Papua dan Papua adat hingga membangun istana kepresidenan di Bumi Cendrawasih.

Dengan menyanggupi permintaah para tokoh Papua menunjukkan bahwa Jokowi berusaha memberikan perhatian besar kepada Papua, hal tersebut dibuktikan dengan kunjungannya ke Papua yang lebih dari 10 kali selama menjabat sebagai Presiden.

Di sisi lain, Jokowi juga berkomitmen memenuhi permintaah tokoh Papua untuk membangun Istana Presiden di Papua mulai tahun depan.