Jokowi Perintahkan MenkoPolhukam, Polri, Jaksa Agung dan KPK JAmin Keberanian Investor

Jokowi Perintahkan MenkoPolhukam, Polri, Jaksa Agung dan KPK JAmin Keberanian Investor

629 Views

Presiden Joko Widodo menyebut banyak investor, pengusaha, hingga pejabat BUMN yang takut dengan penegak hukum.

Ia mengatakan, sebetulnya banyak investasi yang sudah antre, namun pelaksanaannya tertunda karena kepastian hukumnya diragukan.

“Saya ngomong apa adanya jangan sampai aparat hukum kita dibajak oleh mafia sehingga program-program yang harusnya bisa kita lihat progresnya, perkembangannya, menjadi tidak jalan karena ada pembajakan tadi,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Jokowi lalu membeberkan bahwa selama ini banyak program-program yang justru banyak terkendala oleh permasalahan hukum.

Karenanya, Presiden Jokowi memerintahkan seluruh penegak hukum, seperti Polri, Kejaksaan Agung termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), untuk tidak mengganggu iklim investasi.

“Saya juga perintahkan Menkopolhukam, Kapolri, Jaksa Agung, KPK, bahwa hukum harus menjamin keberanian investor, pelaku industri, dalam menjaga program-program pemerintah,” tegas Jokowi.

“Yang tidak ada niat melawan hukum jangan dicari-cari kesalahannya. Tapi jika ada niat jahatnya silakan diselesaikan,” sambungnya.

Jokowi pun mengancam akan melawan balik para mafia itu. Jokowi menyebut banyak mafia yang kepentingannya terganggu dengan pembangunan yang dilakukan pemerintah.

“Jangan sampai para mafia yang menggigit dan menghadang program pembangunan justru terus berkeliaran. Enggak. Ini harus kita balik hal ini,” tegasnya.

“Ini banyak kan pejabat pemerintah, BUMN yang berinovasi dalam menjalankan program strategis justru yang digigit. Ini hati-hati. Akan saya balik, saya yang akan (gigit) mereka,” kata Jokowi menambahkan.