Ini Dia Tips Melakukan Disinfektan Rumah yang Aman

Disinfektan Rumah

86 Views

Mulai ketika masa pandemi Covid-19, banyak orang yang menggunakan jasa penyemprotan disinfektan. Entah itu untuk rumah pribadi ataupun kantor. Penyemprotan seolah menjadi kebutuhan yang sangat mendesak agar orang-orang tidak terkena virus.

Tentu bukan penyemprotan disinfektan saja yang harus dilakukan sebagai langkah pencegahan. Setiap orang juga harus bertanggungjawab atas diri mereka sendiri, seperti mereka harus menjaga kesehatan, meningkatkan imun, serta memakai masker dan juga sering cuci tangan. Jadi, bisa dikatakan penyemprotan disinfektan itu hanya satu dari sekian banyak cara agar terhindar dari terkena virus Covid-19.

Namun, apakah Anda tahu jika bahan disinfektan itu juga bisa menyebabkan efek yang kurang baik untuk kesehatan? Itulah mengapa Anda tidak boleh sembarangan menyemprotkan disinfektan. Bahan yang digunakan tidak boleh asal-asalan. Dan cara penyemprotan juga harus sesuai dengan saran dari ahli kesehatan.

Cara Aman Menyemprotkan Disinfektan

Satu hal yang harus dipahami. Disinfektan itu dilakukan untuk benda mati, bukan benda hidup. Makanya, sangat tidak tepat jika cairan disinfektan itu disemprotkan pada manusia. Karena jika cairan ini terkena kulit, bisa saja terjadi iritasi. Apalagi jika kandungan yang ada di dalam cairan tersebut sangat kuat.
Oleh sebab itu, ada beberapa aturan yang harus diikuti ketika penyedia jasa penyemprotan disinfektan melakukan tugas mereka. Di antaranya sebagai berikut:

1. Kosongkan Ruangan
Hal pertama dan utama adalah mengkosongkan ruangan yang akan didisinfektan. Semua orang yang ada di ruangan harus keluar untuk sementara waktu. Jangan sampai ada orang di dalam ruangan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cairan disinfektan bisa membuat iritasi jika terkena kulit.

2. Biarkan Ruangan Terbuka
Selain iritasi, disinfektan juga menyebabkan bau. Bau inilah terkadang menyebabkan masalah pernafasan bagi yang menghirup. Oleh karena itu, sebaiknya ruangan dibiarkan terbuka agar aroma dari cairan bisa segera keluar dari ruangan.

3. Gunakan Disinfektan yang Aman
Sangat disayangkan ketika masyarakat asal-asalan dalam membuat cairan disinfektan. Padahal, ada aturannya. Jasa penyemprotan disinfektan tahu komposisi yang tepat agar mampu membunuh bakteri dan juga virus tanpa membahayakan manusia.

Itulah beberapa tips aman menyemprotkan disinfektan. Terdengar sepele tapi tips tersebut sangat penting untuk dilakukan demi kesehatan.
Berapa Kali Seharusnya Melakukan Disinfektan Ruangan?

Sebenarnya, tidak ada aturan baku kapan atau berapa kali dalam satu bulan ruangan harus didisinfektan. Akan tetapi, jika ruangan lebih sering didatangi orang luar dan jumlahnya banyak, semakin sering didisinfektan maka ruangan semakin steril. Kantor bisa saja didisinfektan satu kali dalam satu minggu, yaitu saat weekend tiba. Ini demi menjadi kesehatan para karyawan.

Namun, sekali lagi, disinfektan ruangan bukanlah satu-satunya cara untuk mencegah penyebaran virus Corona. Jadi, salah besar jika Anda merasa aman jika ruangan di mana Anda kerja sudah didisinfektan. Anda bisa hubungi jasa penyemprotan disinfektan. Namun, Anda juga tetap harus menjaga protokol kesehatan secara ketat.