Informasi Yang Wajib Ada Pada Desain Kemasan Kopi

kemasan kopi

65 Views

Dalam berbisnis kopi, desain kemasan yang indah dipandang bisa menjadi nilai lebih terhadap konsumen. Desain kemasan kopi adalah hal yang wajib diperhatikan terhadap tampilan produk anda agar terlihat menarik dan pastinya kemungkinan produk anda terjual akan semakin besar.

 

Ketika akan menentukan desain kemasan kopi hal yang harus dilakukan yaitu anda wajib meriset terkait elemen-elemen apa saja yang wajib ada dikemasan, kemudian jangan lupa juga untuk menentukan target konsumen yang akan dituju. Jika hal tersebut sudah dilakukan, secara tidak langsung hanya dengan melihat desain produk anda maka mata konsumen akan tertuju pada desain kemasan kopi anda.

 

Dalam desain kemasan kopi tampilan yang menarik saja tidak cukup, karena pasti ada saja konsumen yang membutuhkan informasi produk kopi yang dijual. Jika konsumen kesulitan mendapatkan informasi terkait produk, kemungkinan untuk produk kopi terjual semakin kecil.

 

Desain kemasan kopi wajib mencantumkan beberapa informasi terkait proses pengolahan kopi, asal kopi, dan juga jenis kopi. Agar informasi dalam produk kopi anda semakin menarik berikut adalah informasi yang wajib ada pada desain kemasan kopi diantaranya yaitu:

 

  1. Roast Level

 

Informasi yang wajib ada pada desain kemasan kopi yang pertama adalah Roast Level. Informasi ini mencantumkan tentang indikator warna biji kopi yang sudah diroasting / dipanggang. Ada tiga tingkatan dalam level roasting yaitu light, medium, dark. Informasi ini sangat penting ada karena beda level roasting akan sangat mempengaruhi hasil seduhan kopi, hal ini pasti sangat dibutuhkan oleh konsumen.

 

  1. Jenis Kopi

 

Informasi yang wajib ada berikutnya dalam desain kemasan kopi adalah jenis kopi. Di Indonesia ada 2 jenis kopi yang sering dikonsumsi, yaitu Arabika dan Robusta. Kedua jenis ini sangat mempunyai karakteristik rasa yang sangat berbeda, jadi informasi ini benar – benar sangat dibutuhkan oleh konsumen. Kopi arabica memiliki kadar kafein lebih rendah dibanding robusta, kopi jenis arabica juga memiliki kandungan asam yang lebih tinggi dibanding kopi jenis robusta.

 

  1. Metode Pengolahan

 

Proses pengolahan kopi itu sangat panjang, dari mulai panen, penjemuran, pemanggangan, dan yang terakhir adalah penyeduhan. Untuk informasi yang wajib ada pada desain kemasan kopi adalah metode pengolahan setelah kopi dipanen, metode ini bertujuan untuk memisahkan biji kopi dari dagingnya. Metode pengolahan yang biasa dipakai yaitu Natural process / dry process, washed process, hybird process (gabungan dari dry process dan washed process menghasilkan pulped natural process – honey process – semi washed).

 

  1. Saran Penyajian

 

Informasi terkait saran penyajian dalam desain kemasan kopi menjadi nilai tambah terhadap konsumen, karena dapat memudahkan konsumen dalam mengaplikasikan metode apa yang akan dilakukan ketika akan menyeduh kopi, sebab beda metode penyeduhan rasa yang dihasilkanpun akan berbeda. Misalnya saran yang diberikan adalah metode penyeduhan menggunakan V60, french press, espresso dan yang lainnya.

 

 

Itulah beberapa informasi yang wajib ada pada desain kemasan kopi, jangan sampai informasi tersebut tidak tercantum pada kemasan kopi anda. Selain informasi apa yang wajib ada, anda juga harus memperhatikan jenis jenis pengemasan kopi untuk memaksimalkan tampilan kemasan kopi agar lebih menarik dimata konsumen.