Indonesia Terbuka untuk Bekerja Sama dalam Pembangunan Infrastruktur Afrika



47 Views

Presiden RI Joko Widodo menegaskan bahwa Indonesia cukup berpengalaman dalam pembangunan infrastruktur karena memiliki BUMN yang handal dan Perusahaan Swasta berpengalaman.

Karena itu kata Jokowi mengatakan Indonesia siap membantu pembangunan infrastruktur di Afrika, seperti yang telah dilakukan di Tanah Air dalam lima tahun terakhir.

Seluruh entitas bisnis tersebut, kata dia, berpengalaman membangun infrastruktur dengan berbagai tantangan, seperti kondisi geografis yang berat dan kondisi iklim yang ekstrem.

“Indonesia siap berbagi pengalaman dan saling membantu untuk pembangunan infrastruktur,” ungkap Presiden Jokowi saat membuka Dialog Infrastruktur Indonesia-Afrika (IAID) di Nusa Dua, Bali, Selasa (20/8/2019) sore.

Jokowi menambahkan bahwa BUMN dan perusahaan swasta Indonesia juga telah membuktikan kemampuan dalam membangun infrastruktur modern perkotaan.

Karena itu, sebagai saudara seperjuangan, kata dia, Indonesia sangat terbuka untuk bekerja sama dan membantu pembangunan infrastruktur demi kesejahteraan seluruh bangsa Afrika.

Melalui pembangunan infrastruktur, kata Jokowi, Afrika dapat mewujudkan pemerataan dan menjangkau daerah-daerah terluar, juga meningkatkan keterhubungan guna memperbaiki disparitas harga dan kesenjangan ekonomi.

“Indonesia ingin meningkatkan konektivitas infrastruktur dan ekonomi dengan Benua Afrika. Kami siap bekerja sama,” ujar presiden.