Hanya Bekerja Mencari Kesalahan, Presiden Minta Gubernur DKI Segera Bekerja Mengatasi Banjir



7 Views

Gerak-gerik Gubernur DKI Jakarta untuk mengkambing hitamkan proyek-proyek infrastruktur yang sedang berjalan sebagai penyebab banjir ternyata mendapat perhatian tersendiri dari Presiden Joko Widodo (jokowi).

Salah satu contoh adalah “temuan” Anies Baswedan menunjuk proyek MRT dan LRT di DKI Jakarta sebagai penyebar banjir, namun pada akhirnya dia menemukan sendiri bahwa titik banjir di Jalan Rasuna Said disebabkan akibat rancangan drainase yang kurang berfungsi.

Saat meninjau pembangunan Waduk Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Presiden Joko Widodo meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan segera mengatasi banjir ibu kota. Sejumlah pekerjaan pun diminta Jokowi agar segera dieksekusi Anies. Diantaranya, drainase di kampung-kampung agar dibersihkan.

“Kita harapkan juga pemerintah provinsi ini (Jakarta) mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan banjir itu, drainase di kampung-kampung semuanya harus dibersihkan,” ujar Jokowi, Jumat (15/12).

Tak hanya itu, Jokowi juga meminta Anies untuk menambah waduk agar mampu menampung air. Aliran sungai pun ia minta agar segera dibersihkan.

“Plus kalau bisa tambah waduk-waduk di Jakarta. Itu sudah akan sangat mengurangi. Jadi Waduk Sunter, Waduk Pluit, Waduk Melati, Waduk Setiabudi semuanya harus dikerjakan, dibersihkan terus,” tegas Jokowi.

Banyak pekerjaan yang diminta Jokowi untuk dikerjakan Anies. Selain tiga langkah di atas, Jokowi meminta mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu agar segera merampungkan pengerjaan sodetan yang menghubungkan Sungai Ciliwung dengan Kanal Banjir Timur. Hal itu dinilai mampu mengatasi banjir Ibu Kota.

Jokowi sendiri meninjau pembangunan Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi di Kabupaten Bogor sebagai upaya penanggulangan bencana banjir di Jakarta dari wilayah hulu. Upaya itu dinilai mampu mengurangi laju debit air yang masuk ke Jakarta sebesar 30 persen.

“Pusat mengerjakan, pemerintah provinsi mengerjakan. Semuanya harus kerja, semuanya konsisten mengerjakan itu, Insya Allah akan menyelesaikan banyak persoalan banjir di Jakarta,” tandas Jokowi seperti diberitakan Antara.