Fachrul Razi Bantah Keluarkan Aturan Bercadar di Lingkungan Instansi Pemerintah



804 Views

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi, menyebut pemerintah sedang mengkaji larangan bercadar dan juga celana cingkrang di instansi pemerintah. Terutama sekali saat masuk lingkungan instansi pemerintahan. Hal itu demi alasan keamanan terlebih kejadian penyerangan mantan Menko Polhukam, Wiranto.

Ia juga menyoroti soal pakaian yang seharusnya dipakai Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Cadar tidak melarang. Tidak ada, saya sebut niqab itu, tidak ada ayatnya tidak ada hadisnya,” kata Fachrul di Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

“Kemudian masalah celana cingkrang-cingkrang itu tidak dilarang dari aspek agama. Karena memang agama pun tidak melarang. Tapi dari aturan pegawai bisa, misal di tempat ditegur celana kok tinggi gitu?” imbuhnya.

Mantan Wakil Panglima TNI ini menyebut instansi pemerintah sudah mempunyai aturan-aturan, termasuk tata cara berpakaian. Karena itu, dia meminta seluruh pegawai di instansi pemerintah, khususnya Kemenag, mengikuti aturan itu.

Fachrul menegaskan, dirinya akan mengambil langkah cepat untuk memberangus radikalisme. Disebutkannya bahwa Indonesia berlandaskan Pancasila. Sehingga Pemerintah akan menindak siapa pun yang tidak sepaham dengan Pancasila, termasuk yang mendukung gerakan pro-khilafah.

“Sikap kita mesti sama. kalau ada yang bersifat mendukung khilafah, khilafah itu kan mendukung negara lain di luar negara Indonesia. Kamu dibayar negara Indonesia, kamu harus hormat Indonesia, kamu bisa berubah Nggak? Kalau bisa silakan, kalau nggak, keluar kamu dari tentara, keluar kamu dari PNS, keluar kamu dari BUMN!” tegasnya.