Elemen Masyarakat Akan Dilibatkan dalam Pembahasan RKUHP oleh DPR

Elemen Masyarakat Akan Dilibatkan dalam Pembahasan RKUHP oleh DPR

613 Views

Sempat menimbulkan kontroversi, Revisi Kitab Undang-undang Pidana (RKUHP) akan kembali dibahas oleh Komisi III DPR RI.

Anggota Komisi III DPR Sarifuddin Sudding memastikan pihaknya bakal melibatkan elemen masyarakat sipil untuk mendengarkan aspirasi terkait pasal-pasal bermasalah dalam RKUHP.

“Nanti akan kita undang mendengarkan aspirasinya, nanti akan bersama-sama dengan pemerintah juga,” kata dia dilansir dari CnnIndonesia, Senin (18/11).

Meski demikian, ia mengaku bahwa sejauh ini, Komisi III belum belum membahas pasal-pasal kontroversial dalam RKUHP usai dilimpahkan oleh DPR periode sebelumnya.

“Wong belum ada pembahasannya kok, betul ada carry over (dari periode sebelumnya). Kemudian nanti dilihat pasal-pasal mana yang menjadi kontroversi dan menjadi polemik di masyarakat,” kata
Sejauh ini, kata Sudding, Komisi III belum belum membahas pasal-pasal kontroversial dalam RKUHP usai dilimpahkan oleh DPR periode sebelumnya.

“Wong belum ada pembahasannya kok, betul ada carry over (dari periode sebelumnya). Kemudian nanti dilihat pasal-pasal mana yang menjadi kontroversi dan menjadi polemik di masyarakat,” kata Sarifuddin.

Dia menegaskan, RKUHP sudah masuk program legislasi nasional tahun 2020. Karenanya, ia memastikan bahwa Komisi III akan membahas RKUHP secara intensif sebelum memasuki masa reses DPR tanggal 12 Desember mendatang.

“Itu sudah masuk prolegnas, karena statusnya itu carry over. Akan dibahas intensif dalam waktu dekat ini,” ujarnya.