Divonis 2 Tahun Ratna Sarumpaet Masih Mengaku Tak Bersalah



875 Views

Palu hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akhirnya berbunyi dan menjatuhkan vonis 2 tahun penjara terhadap terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet.

Sebelumnya Ratna berharap mendapat putusan bebas dari majelis hakim. “Harapannya bebas,” ujar Ratna.

Kasus pengeroyokan yang ternyata hoaks itu masih jelas dalam ingatan. Bayangkan saja foto lembamnya pun marak beredar di media sosial dan media mainstream.

Ditambah lagi setelah para oknum elite politik tertentu berusaha untuk mem-blow up “berita palsu” ini untuk menarik simpati masyarakat. Tujuannya sudah jelas sama-sama menuduh pemerintah melakukan tindakan sewenang-wenang kepada masyarakat sipil.

Hingga akhirnya kasus itu menyeret ibunda Atikah Hasiholan itu berada dalam kursi pesakitan selama berbulan-bulan.

Ratna pun tetap keukeuh mengatakan tidak ada fakta baru yang menunjukkan pelanggaran hukum. Ia berharap hakim dapat mempertimbangkan hal itu.

“Tidak ada fakta yang membuktikan aku bersalah secara hukum.”

Fenomena ini jamak terjadi. Kalau diperluas, fenomena yang muncul mulai menular dengan tidak terimanya paslon (bisa juga caleg) saat dirinya kalah dalam kontestasi alias Pilpres atau Pileg.

Namun yang jelas, kasus ini cukup membahayakan jika seandainya waktu itu gagal terungkap, atau ada kelompok tertentu yang terlanjur tersulut emosinya, lalu melakukan aksi-aksi yang merusak dan berusaha menuding pemerintah seenak udelnya.

Nenek Ratna sudahlah ayo bersikap kooperatif dan jelaskan semua kesalahan anda. Kalau perlu ajaklah orang-orang yang saat itu ikut meramaikan suasana saat nenek mengaku telah dipukuli oleh oknum tidak bertanggung jawab. Biar kalau divonis bersalah bisa bareng-bareng.

Memang sukar sekali mengaku bersalah bagi terdakwa. Mungkin bagi Nenek Ratna ia juga tidak akan mengaku bersalah saat di pengadilan akhirat, supaya kalau bisa mengubah putusan pengadilan Tuhan ia akan mengajukan banding.