Cyrus Network: Di Pilpres 2019 KPU, Bawaslu dan TNI-Polri Mengambil Posisi Netral



45 Views

Managing Directory Cyrus Network, Eko Dafid Afianto, memaparkan hasil kajian terkait tingkat kepuasan dan netralias penyelenggara Pemilihan umum (Pemilu) Serentak 2019. Baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dinilai netral.

“Sebanyak 89 persen responden menyatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bertindak netral, dan 91 persen responden menyatakan Badan Pengawas Pemilu (Pemilu) bertindak netral,” kata Eko di Hotel Ashley, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2019).

Selain itu masyarakat juga puas dengan kinerja TNI-Polri dalam mengamankan pemilu. Tak hanya itu netralitas TNI-Polri juga memuaskan.

“Sebanyak 91 persen responden menyatakan Polri netral, dan 95 persen menyatakan TNI netral dalam Pemilu 2019 Ialu,” ujarnya.

Meski puas, masyarakat menginginkan sistem pemilu serentak diubah. Masyarakat ingin pilpres dan pileg dipisah.

“72 persen responden meminta pileg dan pilpres sebaiknya dipisah saja seperti semula,” tambah Eko.

Cyrus Network melakukan survei nasional pascapemilu pada 22 sampai 28 Juli 2019. Jajak pendapat ini mengambil 1.230 sampel di 34 provinsi di Indonesia. Tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of error kurang lebih tiga persen.