Buya: Seluruh Sila Pancasila Harus Dioptimalkan



87 Views

Anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila, Buya Syafii Maarif menilai bahwa tercapainya sila kelima Pancasila merupakan kunci keberhasilan dalam menangkal berbagai ideologi impor, termasuk radikalisme.

Menurut Buya sapaan akrabnya mengakatan, ideologi impor dengan teologi maut-nya sesungguhnya tidak mempan hidup di Indonesia asal sila kelima Pancasila itu betul-betul diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karenanya, di era pemerintahan Presiden Joko Widodo ini pengimplementasian seluruh sila dalam Pancasila harus dioptimalkan. Menurutnya, Pancasila jangan cuma sekedar retorika.

Setiap butir-butir Pancasila memiliki kekuatan menopang kehidupan berbangsa dan bernegara. Kekuatan itu juga telah merangkul bahkan melindungi seluruh warga negara.

Hanya saja menurut Buya, sila pertama baru memiliki makna apabila sila kelima yang berbunyi “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” itu menjadi kenyataan.

Jika sila kelima dapat diwujudkan, lanjut Buya menjelaskan, maka ketimpangan sosial dan ekonomi bisa dihilangkan.

Dengan demikian, kehadiran ideologi-ideologi impor yang mengancam Pancasila dan kebhinekaan tidak akan bertahan lama di Indonesia.

“Jangan lagi Pancasila sila kelima tergantung di awan tinggi, sedangkan rakyat di bumi terkapar. Itu tidak boleh,” ujarnya dalam seminar ‘Pancasila dan Kebinekaan’ di Balai Senat Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta, Senin (6/11).