Boss Bantargebang Ditangkap



118 Views

bataraonline.com Salah satu bos PT Godang Tua Jaya yakni Vice Managing Direktur, Linggom F Toruan, yang buron setahun terakhir, akhirnya ditangkap Kejaksaan Negeri Kota Bekasi, Jumat (26/8/2016). Linggom yang juga Anggota DPRD Kota Bekasi dari Partai Hanura itu, ditangkap saat sedang beraktifitas di wilayah Cikarang Kabupaten Bekasi.

Salah satu bos PT Godang Tua Jaya itu langsung digiring ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (LP) kelas II Bulakapal, dengan ancaman hukuman penjara 1 tahun serta denda Rp2 Milyar. ”Anggota kami mengenali terpidana, yang ketika itu sedang di dalam mobilnya,” kata Kepala Kejari Didik Istiyanta, Jumat (26/8/2016).

Menurut Didik, Mahkamah Agung (MA) menetapkan hukuman pada tanggal 15 maret 2015 pada Linggom F Toruan selama 1 tahun penjara, dan membayar denda sebesar Rp2 miliar kepada negara. Keputusan itu tertuang dalam surat MA Nomor 877K/Pid.Sus/2014 yang menyatakan Linggom terbukti bersalah menimbun BBM bersubsidi solar pada 2014 untuk kebutuhan alat berat pengolahan sampah DKI Jakarta.

Linggom menjadi buronan Kejaksaan sejak November 2015, setelah ada salinan putusan dari Mahkamah Agung. Sebelumnya, Linggom divonis bebas Pengadilan Negeri Bekasi pada 2013 sebelum Pemilu 2014. Namun jaksa kasasi hingga MA memvonis satu tahun penjara dan denda sebesar Rp 2 Miliar.

Kasus menjerat Linggom ketika dia masih menjabat sebagai direksi di PT. Godang Tua Jaya. Anggota Polda Metro Jaya menggerebek gudang penyimpanan BBM bersubsidi di Pangkalan 5 TPST Bantar Gebang, Kelurahan Ciketing Udik, Kecamatan Bantar Gebang, pada Kamis (22/3/2012).

Modusnya penimbunan BBM itu terbukti saa, sebuah truk Nopol N 1234 OI yang membawa sampah dari Jakarta, membeli solar bersubsidi di SPBU di Cileungsi kabupaten Bogor. Setelah terisi, truk itu disimpan di suatu tempat di dekat TPST Bantargebang. Hal ini dilakukan berkali-kali hingga tercium aparat Polda Metro Jaya. Lalu tim polisi menyidik kasus ini dan menemukan sebanyak 256 dirigen atau sekitar 5 ton liter solar. (KP)

Foto kantor PT Godang Tua Jaya di Jalan A Yani kota Bekasi
Foto kantor PT Godang Tua Jaya di Jalan A Yani kota Bekasi