Berbagai Pilihan Cara Mencegah dan Mengatasi Kusen Dimakan Rayap

rayap

78 Views

Menggunakan jasa anti rayap sudah pasti menjadi pilihan utama untuk membasmi rayap di dalam rumah. Kusen sendiri termasuk salah satu bagian rumah yang kerap kali menjadi sasaran utama hama ini.

Agar kusen-kusen yang ada di rumah Anda tidak menjadi saran utama rayap, sebenarnya ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan. Namun yang menjadi masalah adalah jika tindakan pencegahan ini tidak dilakukan. Sehingga yang terjadi kini adalah kusen-kusen sudah mulai dijadikan sarang rayap.

Tindakan yang bisa dilakukan adalah mengatasi agar kusen-kusen tidak semakin parah dimakan rayap. Ada beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan. Sebuah tindakan yang simpel  namun terbukti mampu dengan cepat mengusir rayap.

Usir Rayap dengan Air Kapur Sirih

Pada saat koloni rayap sudah mulai menyerang kusen-kusen rumah Anda, coba gunakan cara membasmi rayap ini. Caranya adalah dengan memercikkan air kapur sirih di lubang sarang rayap. Lubang yang menjadi akses keluar masuk rayap.

Air kapur sirih ini sudah terbukti mampu membuat rayap mati secara perlahan. Hal ini disebabkan air kapur sirih mampu memberikan sensasi panas. Sehingga secara perlahan rayap yang ada pada kusen rumah Anda akan mati.

Usir Rayap dengan Oli Bekas

Tahukah Anda jika ternyata oli bekas bisa dimanfaatkan untuk membasmi rayap pada kusen atau perabot rumah tangga? Hal ini dikarenakan oli bekas memiliki bau yang sangat menyengat dan tidak disukai oleh rayap.

Cara penggunaannya pun bisa dikatakan sangat mudah. Pasalnya Anda tinggal mengoleskan oli pada kusen atau perabotan yang dimakan rayap dengan menggunakan kuas. Tidak butuh waktu lam, koloni rayap akan mati.

Usir Rayap dengan Tembakau

Opsi lain untuk membasmi rayap pada kusen rumah adalah dengan menggunakan tembakau. Namun sebelum menggunakannya, Anda harus meraciknya terlebih dahulu. Caranya adalah campurkan tembakau dengan air dan diamkan selama semalam penuh.

Setelah itu, masukkan cairan tadi ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan ke kusen atau perabot rumah tangga yang diserang rayap. Tindakan ini selain ampuh untuk mengusir rayap, juga bisa membuat rayap perlahan mati.

Usir Rayap dengan Obat Pembasmi

Jika ternyata rayap sudah cukup parah menggerogoti kusen rumah Anda, ada baiknya untuk mengambil opsi ini. Yakni membasmi rayap dengan menggunakan obar pembasmi rayap. Pilihlah obat pembasmi rayap yang legal dan aman bagi lingkungan.

Usir Rayap dengan Cat Pelindung Kayu

Cat pelindung kayu ini bisa memiliki peran ganda. Sebab bisa digunakan sebagai tindakan pencegahan dan juga untuk mengatasi rayap pada kusen. Tidak hanya akan memperindah kusen rumah saja, namun di sisi lain juga akan menjamin kusen-kusen di rumah Anda terhindar dari rayap.

Nah, itulah beberapa tindakan sederhana yang bisa dilakukan pada saat kusen di rumah diserang oleh koloni rayap. Tetapi jika Anda menginginkan tindakan yang lebih menyeluruh, jasa anti rayap adalah pilihan yang paling realistis.