Beberapa Gejala Anemia dan Cara Mencegahnya

Gejala Anemia

180 Views

Bataraonline.com – Penyakit kekurangan sel darah merah atau juga biasa disebut dengan Anemia memiliki gejala yang beraneka ragam. Seperti merasa lemas dan cepat sekali lelah bisa menjadi indikasi bahwa anda mengalami gejala anemia.

 

Anemia mungkin saja terjadi hanya sementara namun banyak kasus yang mengalami anemia dalam jangka waktu yang panjang. anemia juga memiliki berbagai macam jenis dan dibedakan berdasarkan penyebabnya.

 

Penanganan Anemia pun beragam, berdasarkan banyak kasus biasanya penanganan anemia selalu didasari dari apa penyebabnya. Penanganan anemia yang ringan biasanya hanya ditangani hanya dengan mengkonsumsi suplemen saja.

 

Ada juga dalam penanganan anemia yang disarankan untuk menjalani diet sehat seperti mengkonsumsi sayuran yang mengandung zat atau nutrisi yang dapat mengatasi anemia sepertia vitamin B12, Asam folat dan juga zat besi.

 

Gejala Anemia

 

Gejala atau tanda anemia memiliki ciri yang beragam, biasanya selalu berdasarkan jenis anemia yang dialami. Namun dalam banyak kasus biasanya memiliki gejala seperti dibawah ini :

  1. Merasa lelah

Rasa lelah adalah salah satu gejala bahwa anda terkena anemia. Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan anda cepat merasakan lelah.

  1. Merasa lemah

Lemah yang dialami mungkin akan berbeda dengan lemah biasanya. Oleh karna itu jika anda sering mengalaminya maka coba untuk segera pergi kedokter dan mengeceknya karena kelemahan adalah salah satu gejala anemia.

  1. Kulit pucat dan kekuningan

Kulit kepucatan dan kuning sudah pasti anda kekurangan darah karena bila kulit anda pucat pasti akan terasa lelah dan lemah dan sudah pasti anda memiliki gejala anemia.

  1. Denyut jantung tidak beraturan

Denyut jantung yang normal adalah berkisar 60 – 100 kali permenit, namun bagi yang sering melakukan atau sedang berolahraga denyut jantung berkisar 40 – 50 kali permenit. Nah apabila anda tidak sedang berolahraga dan denyut jantung anda tidak beraturan maka bisa jadi memiliki gejala anemia.

  1. Sesak napas

Sesak napas juga menjadi salah satu gejala anemia yang sering dialami. Jika mengalaminya dengan waktu yang sering dan lama maka segeralah periksaan diri anda ke ahlinya karena bisa saja anda mengalami anemia.

  1. Pusing

Jika mengalami pusing dengan waktu yang lama dan terjadi dengan sering juga harus waspada. Karena pusing adalah salah satu gejala yang dialami oleh penderita anemia.

  1. Nyeri dada

Kurangnya oksigen bisa menyebabkan sesak nafas dan itu terjadi diakibatkan oleh tubuh anda yang kekurangan sel darah merah. Karena sel darah merah atau hemoglobin bekerja memasok oksigen keseluruh tubuh.

  1. Tangan dan kaki dingin

Jika anda mengalami hal ini bisa saja anda mengalami anemia yang diakibatkan oleh kekurangan zat besi. Tangan dan kaki terasa dingin disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen yang mengalir dari jantung lalu dialirkan pada kedua bagian tersebut.

  1. Nyeri kepala

Sel darah merah yang baik bekerja membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. jika kadar sel darah merah rendah, maka oksigen mungkin tidak bisa menuju ke otak.

 

Mencegah Anemia

 

Hidup sehat adalah salah satu cara untuk mencegah anemia, karena bila anda terkena anemia pun dibanyak kasus pasti hal yang dilakukan adalah menjalani gaya hidup sehat seperti tidak sembarangan mengkonsumsi makanan atau minuman.

 

Berikut adalah beberapa cara mencegah penyakit anemia :

 

  • Penuhi pola makan gizi seimbang
  • Hindari meminum teh ketika sedang makan
  • Konsumsi makanan yang tinggi akan zat besi
  • Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C
  • Konsumsi makanan yang memiliki kandungan asam folat dan vitamin B12
  • Jalani pola hidup sehat jauhi rokok dan alkohol

 

Makanan yang mengandung nutrisi seperti asam folat, vitamin C, vitamin B12, dan juga zat besi, banyak terdapat pada sayuran. Bagi anda yang tidak menyukai sayuran bisa mencoba untuk mengkonsumsi suplemen dan juga vitamin dari Pyfa Healt. Pyfa Healt adalah web online yang menjual produk farmasi seperti Antibiotik, Vitamin, Suplemen, dan perawatan herbal tradisional.

 

Produk dari Pyfa Healt telah memenuhi Tingkat dan Persyaratan Internasional. Jadi sangat aman untuk dikonsumsi dangan jangan ragu untuk mengunjungi webnya yah.

 

Itulah beberapa gejala untuk mengetahui penyakit Anemia yang biasa dialami oleh banyak orang. Jangan lupa juga untuk mencegahnya karena sudah disampaikan diatas.