Apresiasi Jokowi atas Keberhasilannya Memimpin Indonesia di Periode Pertama

Apresiasi Jokowi atas Keberhasilannya Memimpin Indonesia di Periode Pertama

596 Views

JAKARTA – MPR RI akan menggelar pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma’ruf Amin.

Anggota DPR dari Fraksi Partai NasDem, Charles Meikyansah berharap pelantikan yang akan dihadiri oleh sekira 18 kepala negara sahabat dan sejumlah tamu undangan itu dapat berjalan tertib dan lancar.

“Karena itu, pelantikan ini penting sebagai wajah dari bangsa Indonesia di kancah dunia. Keamanan dan pengamanan menjadi penting dalam kelancaran pelantikan,” kata Charles kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Charels turut mengapresiasi kinerja dari periode pertama Jokowi memimpin. Di mana Jokowi telah menunjukkan sejumlah keberhasilan pembangunan dan pemerataan pembangunan.

“Seperti menurunkan angka kemiskiman menjadi 1 digit (pertama kali dalam sejarah Indonesia) sebesar 9,4 per Maret 2019, meningkatkan rasio elektrifikasi dari 81,5 tahun 2014 menjadi 96,6 di tahun 2019, menjaga laju inflasi dari 8,4 di tahun 2014 menjadi 3,4-5 selama periode pemerintahan dan sebagainya. Keberhasilan tersebut penting dan harus dilanjutkan,” ulasnya

Diakuinya, tentu ada sejumlah catatan dan kritik bagi pemerintahan Presiden Jokowi di periode pertama, dan itu penting dalam iklim demokrasi, seperti vitamin. Catatan dan kritik tersebut penting dijawab di periode kedua ini.

“Oleh karena itu, NasDem siap menjadi partner dalam koalisi pemerintahan yang konstruktif dan sinergis untuk mendukung dan menyukseskan program prioritas pemerintah pada periode kedua,” tandasnya.

Sekadar mengingatkan, Jokowi-Ma’ruf Amin sudah ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2019 oleh KPU RI setelah meraih 85.607.362 atau 55,50 persen suara. Pasangan ini mengalahkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang hanya mendapat 68.650.239 atau 44,50 persen suara.

Menang 16,9 juta suara, mengantarkan Jokowi-Ma’ruf ke puncak singgasana pemimpin Indonesia. Keduanya pun akan diresmikan sebagai RI-1 dan 2. Pelantikan mereka dijadwalkan akan dimulai pukul 14.30 WIB di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.

Usai pengucapan sumpah, acara akan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita acara pelantikan. Barulah di situ ada pertukaran tempat duduk Wakil Presiden dari Jusuf Kalla ke Ma’ruf Amin dilakukan usai penandatangan berita acara pelantikan.

Presiden Jokowi pun akan membacakan pidato perdana selaku Presiden 2019-2024. Setelahnya dilanjut dengan pembacaan doa dan kemudian sidang pelantikan ditutup oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo