Akhir Pekan Ini Jokowi Akan Resmikan MRT Jakarta



610 Views

Presiden RI Joko Widodo bakal meresmikan Moda Raya Terpadu (MRT) pada akhir pekan ini. Hal itu disampaikan Direktur Keuangan PT Mass Rapid Transit Jakarta, Tuhiyat.

Tuhiyat juga mengatakan, Jokowi rencananya juga akan mengikuti uji coba MRT yang telah diberi nama Ratangga pada hari ini. Uji coba publik MRT itu sendiri dilakukan selama 13 hari kurun waktu 12-24 Maret 2019.

“Tanggal 24 Maret akan diresmikan. Nanti diresmikan oleh Pak Presiden. Rencananya nanti mungkin peresmiannya diadakan di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia,” ujar Tuhiyat dalam rapat pembahasan tarif dan subsidi MRT dan LRT Jakarta dengan Komisi C DPRD DKI, di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (18/3).

Meski PT MRT Jakarta menargetkan Presiden Jokowi dapat meresmikan moda raya terpadu itu akhir pekan ini, namun pihaknya masih menunggu kepastian jadwal dari kepala negara.

Sebelumnya, Ibu Iriana Jokowi dan Mufidah Kalla menjajal MRT didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Iriana dan Mufidah menjajal MRT dari stasiun Bundaran HI menuju Lebak Bulus, kemudian kembali lagi ke tempat awal.

MRT Jakarta rute Bundaran HI-Lebak Bulus telah diuji coba untuk publik sejak 12 Maret lalu. Kendati demikian mengenai besaran tarif hingga saat ini belum diputuskan. Pemprov DKI mengusulkan Rp10.000 dan untuk LRT Jakarta diusulkan Rp6.000 per penumpang.

Dalam satu rangkaian kereta MRT terdiri atas enam gerbong dengan jumlah penumpang yang bisa diangkut mencapai 1.900 orang.

Direncanakan 14 rangkaian kereta akan berjalan saat beroperasi secara komersial nanti. Adapun dua rangkaian lainnya disiapkan sebagai cadangan.

MRT Jakarta sebetulnya bukanlah gagasan baru untuk menjadi salah satu moda transportasi di Jakarta. Gagasan ini muncul sejak studi awal yang berlangsung pada 1985 lalu. Proyek MRT itu sempat dinyatakan ditunda pada 1995 silam akibat krisis moneter. Namun, pada 2005 lalu, mimpi memiliki MRT pun terlihat lagi setelah dinyatakan sebagai bagian dari proyek nasional.

Selama 34 tahun sejak studi awal dilakukan, MRT pun mulai melintas di Jakarta meskipun baru sebatas uji coba publik.