Ajakan People Power Harus Ditolak, dan Harus Legowo



664 Views

Pengamat politik dari Universitas Lambung Mangkurat Dr Andi Tenri Sompa menyoroti seruan People Power yang sempat dilontarkan politikus senior Amien Rais beberapa waktu lalu. Hsutan People Power itu kemudian diramaikan oleh oposisi dan elit kubu 02.

Menurut Tenri, hasutan people power yang mengarah pada tujuan penggulingan pemerintahan yang sah adalah tindakan inkonsitutisional dan masuk kategori makar.

Ia menegaskan, ajakan people power harus ditolak keras dan pelakunya bisa dijatuhi sanksi hukum. Pasalnya, hasutan tersebut tidak tepat dan mengancam disintegrasi bangsa.

“Ini sangat menyesatkan masyarakat. Jadi tolong rakyat jangan mau dipecah belah melalui hasutan yang salah seperti ‘people power‘,” ungkap Tenri di Banjarmasin, Jumat (10/5/2019).

Masih menurutnya, istilah “people power” lebih tepat dilakukan ketika, misalnya, ada kondisi di mana negara mendapat gangguan dari luar. Apalagi hasil pilpres juga belum selesai penghitungannya.

Oleh karena itu, Tenri mengmbau kepada seluruh masyarakat agar jangan mau diprovokasi atau diajak aksi massa yang berujung terganggunya kamtibmas.

Tenri pun menyarankan kepada pihak-pihak yang tidak puas untuk atau tidak setuju hasil Pemilu 2019 untuk menggunakan jalur konstitusional ke Mahkamah Konstitusi untuk melakukan gugatan sengketa pemilu.

“Kita harus legawa dan sama-sama menjaga komitmen memberikan kepercayaan penuh kepada penyelenggara pemilu. Maka tunggu saja hasil akhir pemilu yang kini masih terus berproses untuk rekapitulasi penghitungan suara,” ujarnya.