AHY: Apa yang Dilakukan Pemimpin Terdahulu Harus Dihargai



391 Views

Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono mengkiritisi pernyataan capres no 2, Prabowo Subianto pada saat debat terakhir Pilpres 2019.

Menurut Prabowo, kebijakan yang salah arah dalam kebijakan ekonomi salah satunya deindustrialisasi merupakan kesalahan dan tanggung jawab presiden-presiden sebelum Jokowi.

“Ini kesalahan-kesalahan besar presiden-presiden sebelum Bapak (Jokowi). Kita harus bertanggung jawab. Itu pendapat saya,” ujarnya di Hotel Sultan, Sabtu (13/4) malam.

Terkait pernyataan yang tendensius itu, AHY menegaskan bahwa seharusnya Prabowo bisa menghargai para pemimpin terdahulu.

“Yang sebaiknya kita inginkan adalah para pemimpin yang terus menghargai para pendahulunya,” kata AHY.

Putra sulung SBY ini menyampaikan, hal itu penting karena setiap kepala negara memiliki niat untuk menghasilkan kebijakan yang memberi manfaat kepada rakyat. Kebijakan itu harus menjadi dasar juga bagi pemimpin selanjutnya dalam membuat kebijakan.

“Setiap yang telah dilakukan oleh generasi pendahulu itu wajib diapresiasi,” ucapnya.

Dia menegaskan, jika kebijakan di masa lalu dinilai tidak baik, maka pemimpin selanjutnya memiliki kewajiban untuk memperbaiki.