86 Orang dan 1 Korporasi Ditetapkan Sebagai Terangka Karhutla



14 Views

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan, Polri telah menetapkan 86 orang dan satu korporasi sebagai tersangka kasus kebakaran hutan dan lahan.

“Total semua kasus menjadi 100 tentang karhutla yang ditangani Polda Riau, Jambi, Kalbar, dan Kalteng. Sumsel dan kalsel masih nihil,” kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (15/8/2019)

Dia mengatakan, jumlah kasus kebakaran hutan dan lahan yang ditangani mengalami peningkatan. Terutama di dua polda yakni Riau dan Kalimantan Barat. Dedi merinci, Polda Riau misalnya dari 29 kasus menjadi 35 kasus.

“Jumlah tersangka (sebelumnya) 20 orang, hari ini 35 tersangka. Dengan rincian 34 pelaku individu dan satu korporasi. Sudah saya cek korporasi, melakukan pemeriksaan lima orang saksi,” jelas dia.

Kemudian, Polda Kalimantan Barat, dari yang sebelumnya 14 kasus menjadi 26 kasus kebakaran hutan dan lahan. Sementara jumlah tersangka dari 18 orang menjadi 30 orang.

Bertambahnya jumlah tersangkapada kasus karhutla ini membuktikan bahwa Pemerintah melalui Polri dan KLHK serta jajaran K/L terkait sangat serius dan berkomitmen menanggulangi karhutla.