5.000 Personil Gabungan TNI-Polri Disiapkan untuk Mengamankan Debat Ketiga Pilpres 2019

5.000 Personil Gabungan TNI-Polri Disiapkan untuk Mengamankan Debat Ketiga Pilpres 2019

1,281 Views

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menegaskan, tidak ada yang spesial dalam pengamanan debat ketiga yang akan berlangsung pada 17 Maret 2019 di Hotel Sultan, Jakarta Pusat.

Argo mengatakan, pengamanan kali ini sama dengan pengamanan debat-debat sebelumnya.

Kendati demikian, Polda Metro Jaya akan menyiapkan pengamanan cukup ketat untuk mengawal debat calon wakil presiden (cawapres). Sebanyak lima ribu personel gabungan TNI-Polri disiapkan untuk mengamankan kegiatan debat ketiga tersebut.

“Kita sudah rapat dengan KPU dan kita diberi kewenangan memberi keamanan debat cawapres ketiga. Kegiatan tetap di Hotel Sultan, personel kita libatkan 5 ribu personel gabungan TNI-Polri dan Pemda,” kata Argo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Argo menambahkan, nantinya pengamanan dibagi dalam tiga ring, dari ring terdalam hingga terluar di jalan raya sekitar arena debat di Hotel Sultan.

“Kita ada beberapa lokasi namanya ring 1 di tempat jalannya debat nanti kita amankan dan kita tempatkan alat sebagai pendeteksi, kan ada pendukung calon nanti ada ID card yang siapa saja yang boleh masuk ke aula debat,” jelasnya.

Namun, Argo belum bisa memastikan terkair adanya pengalihan arus di sekitar lokasi selama debat berlangsung. Ia mengatakan penutupan jalan bersifat situasional.

Selain itu, untuk mengantisipasi adanya insiden-insiden yang tidak diinginkan saat debat berlangsung, polisi mengimbau masyarakat tertib aturan jika ingin berkunjung ke tempat debat. Personel dari intelijen pun dikerahkan untuk memantau jalannya debat.

“Kita mengharapkan masyarakat ikut serta menciptakan suasana kondusif, ikut berpartisipasi kegiatan berlangsung lancar. Dari intelijen dan Densus melakukan kegiatan sendiri-sendiri,” ujarnya.