3 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diburu Saat Ini



105 Views

Di masa pandemi ini, memang banyak sekali mahasiswa yang tidak lanjut kuliah. Ada juga yang lulusan SMA yang akhirnya tidak melanjutkan kuliah. Untungnya, beberapa universitas seperti AMIKOM Purwokerto memberikan beasiswa agar lebih banyak lagi anak yang bersemangat untuk berkuliah.

Tentu bukan tanpa alasan mengapa banyak yang akhirnya tidak kuliah. Ada orang tua yang kehilangan pekerjaan di masa pandemi. Hal tersebut membuat anak mau tidak mau harus mengurungkan niat mereka untuk kuliah lantaran orang tua tidak punya biaya. Hal inilah yang memicu universitas di Purwokerto AMIKOM untuk memberikan beasiswa.

Dan bukan hanya jurusan biasa-biasa saja yang diberi beasiswa. Ada 3 jurusan yang paling diburu di mana AMIKOM menyediakan beasiswa untuk mereka yang mau masuk jurusan tersebut. Apa saja itu?

  1. Komunikasi

Ini merupakan jurusan yang banyak dicari. Mengapa? Karena peluang pekerjaan yang menunggu ketika sudah lulus nanti sangat banyak. Para lulusan komunikasi bisa bekerja di berbagai divisi entah itu di pemerintahan ataupun di perusahaan swasta.

 

Kebanyakan lulusan komunikasi bekerja di bagian humas dan marketing online. Kemampuan komunikasi mereka sangat dibutuhkan dalam dua hal tersebut. Ada juga yang menjadi wartawan, fotografer, editor, penulis, pembicara, dan lain sebagainya.

 

Beberapa pekerjaan di era digital sangat membutuhkan kemampuan seseorang yang paham di bidang komunikasi. Misalnya saja digital agency, periklanan online, youtuber, startup, dan juga branding.

 

  1. Teknologi Informasi

Di era digital seperti saat ini, hampir semua sektor membutuhkan jasa seseorang yang ahli di bidang teknologi informasi. Makanya, jurusan TI sekarang ini sangat difavoritkan.

 

Di jurusan TI, Anda akan belajar banyak hal, mulai dari pembuatan aplikasi, pembuatan website, software, pemrograman, dan lain sebagainya. Setelah lulus, Anda bisa memilih profesi apa saja yang terkait dengan digital. Kebanyakan mereka yang sudah lulus bekerja di startup menjadi web developer atau software engineer.

 

  1. Bisnis Digital

Ini termasuk jurusan baru. Tidak banyak universitas yang membuka jurusan ini. AMIKOM salah satu universitas yang membuka jurusan bisnis digital.

Meskipun tergolong baru, peminat jurusan ini sangat banyak. Hal ini tidak lagi karena tuntutan zaman. Sekarang, sangat dibutuhkan orang-orang yang paham dunia bisnis digital. Entah ilmu yang mereka dapatkan diterapkan untuk bisnisnya sendiri ataupun untuk perusahaan lain. Yang pasti, ini merupakan era di mana setiap usaha harus mau berubah dari offline menuju ke online. Dan ini butuh strategi khusus yang hanya bisa dilakukan oleh mereka yan tahu bisnis digital.

Tidak hanya 3 jurusan itu yang bisa Anda pilih di AMIKOM Purwokerto. Universitas ini juga membuka jurusan lain seperti sistem informasi dan informatika. Terdapat beasiswa dengan total 200 juta, untuk program beasiswa hingga Rp 200 juta pendaftarannya dibuka HINGGA 12 Mei 2021. Anda bisa apply sebelum tanggal batas waktu pendaftaran ditutup.