3 Jenis Bahan Stiker Yang Sering Digunakan Dalam Percetakan

Bahan Stiker Yang Sering Digunakan

57 Views

Dalam dunia printing atau percetakan, stiker adalah salah satu yang wajib ada karena sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. Seperti untuk kebutuhan usaha maupun kebutuhan komunitas. Jenis dan bahan stikerpun berbagai macam, cara cetak stiker dapat disesuaikan dengan bahan stiker yang digunakan karena beda bahan cetak stikernya pun akan berbeda.

 

Pemilihan bahan stiker harus disesuaikan dengan kebutuhan yah, jangan sampai salah memilih bahan dan cara cetak stiker. Karena apabila salah meilih bahan dan cara cetak maka bisa dikhawatirkan tidak akan sesuai dengan hasil yang diinginkan dan hasilnyapun akan mengecewakan.

 

Stiker memang sangat dibutuhkan apalagi untuk bahan promosi dan sebagai sarana pengenalan produk yang dimiliki.

 

Banyak berbagai macam jenis bahan dalam pembuatan stiker. Penulis akan mencoba menjelaskan jenis bahan yang paling sering digunakan untuk membuat stiker beserta cara cetak stiker yang biasa dilakukan.

 

  1. Bahan Vinyl

 

Stiker dengan berbahan vinyl adalah jenis bahan stiker yang paling banyak digunakan karena bahan yang dihasilkan mengkilap dan glossy. Jenis bahan stiker vinyl dapat digunakan diluar kemasan produk dengan cara ditempelkan sebagai informasi atau nama produk stiker yang dihasilkanpun terlihat mewah dan elegan.

 

Cara cetak stiker yang berbahan vinyl bisa menggunakan cara normal hanya di print saja tanpa adanya proses cutting, bisa juga menggunakan cara cetak cutting (kiss cut dan die cut) kemudian cara cetak stiker berikutnya dengan cara heat transfer, cara ini biasanya menggunakan mesin khusus dan hasil akhirnya membutuhkan alat press untuk penempelan yang maksimal.

 

  1. Bahan Cromo

 

Stiker dengan berbahan cromo adalah stiker yang berbasis bahan kertas licin dan hasilnya glossy namun bahan ini memiliki kekurangan yaitu mudah sobek, stiker dengan bahan cromo bisa disejajarkan dengan stiker yang berbahan vinyl dan harganya pun tidak menguras kantong.

 

Cara cetak stiker dengan berbahan cromo biasanya menggunakan mesin printer ink jet dan mesin tersebut bisa menggunakan tiga jenis tinta yaitu tinta berbasis air, tinta berbasis tooner, dan tinta berbasis minyak

 

  1. Bahan Bontax

 

Stiker dengan berbahan bontax biasanya digunakan untuk tujuan pelabelan pada produk maupun kemasan. Stiker berbahan bontax memiliki daya rekat yang sangat tinggi jadi benar-benar aman bila ditempelkan pada kemasan walaupun sering tersentuh.

 

Cara cetak stiker berbahan bontax yaitu menggunakan mesin printer tinta inkjet yang diberikan laminasi. Laminasi bertujuan untuk memperkuat daya tahan hasil cetak dan hasilnya pun akan terlihat mewah.

 

Itulah 3 jenis bahan stiker yang paling sering digunakan. Kalian bisa menyesuaikan berdasarkan bahan dan hasil yang diinginkan untuk kemasan produk kalian. Seperti jika produk yang ingin kalian pasarkan adalah makanan. Maka jenis kemasan yang cocok adalah standing pouch.

 

Standing pouch sangat cocok untuk produk kemasan makanan, seperti makanan cemilan karena kemasannya kuat dan tidak mudah rapuh. Stiker yang cocok untuk standing pouch adalah stiker yang berbahan bontax yang memiliki daya rekat tinggi dan daya tahannya pun terbilang awet.