12 Senjata Api dan Amunisi Sisa Konflik Aceh Diserahkan Warga ke Kodam Iskandar Muda



804 Views

Kodam Iskandar Muda menerima 12 senjata api sisa masa konflik Aceh beserta 455 butir amunisi dari warga. Penyerahan senjata dilakukan warga di empat wilayah, yakni Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Besar dan Aceh Barat.

Namun secara simbolis penyerahan itu dilaksanakan di pendopo Pangdam Iskandar Muda, Blang Padang, Banda Aceh.

Adapun senjata yang diserahkan adalah 6 pucuk AK-47, 2 pucuk M16, 1 pucuk SS1, pistol jenis revolver 2 pucuk, dan 1 pucuk jenis FN. Ada juga 8 magazen, 445 butir peluru dan 6 granat jenis manggis beserta pelontar.

Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Teguh Arief mengatakan, keseluruhan senjata tersebut diserahkan langsung oleh warga atas kesadaran sendiri.

“Kondisi Aceh saat ini sudah aman, damai, jadi sehingga masyarakat merasa tidak perlu lagi mempersenjatai diri lagi,” ujarnya.

Bagi warga yang masih menyimpan senjata api, Teguh mengimbau untuk segera menyerahkannya kepada TNI.

“Kami akan menjamin keselamatan dari yang bersangkutan tidak usah takut. Kalau menyerahkan itu penuh kesadaran otomatis kita akan jamin keselamatannya,” ucapnya.

Saat ini jajaran Kodam Iskandar Muda terus melakukan imbauan dan pendekatan secara inten kepada masyarakat, agar senjata-senjata sisa masa konflik tersebut tidak disalahgunakan.

Sementara itu, Asintel Kasdam Iskandar Muda, Kolonel Inf Azwar Umar mengatakan, pihaknya menghabiskan waktu selama 2 minggu untuk melakukan pendekatan dan komunikasi dengan warga hingga ke-12 senjata tersebut diserahkan kepada pihaknya.